Langsung ke konten utama

HARIAN AQUA (Vol. 47): BERCERMIN DARI PELAKSANAAN TAHUN LALU, EUPHORIA PENYELENGGARAAN PKKMABA PINISHI FPIK UB MULAI TERASA

 

BERCERMIN DARI PELAKSANAAN TAHUN LALU, EUPHORIA PENYELENGGARAAN PKKMABA PINISHI FPIK UB MULAI TERASA

Dok. LPM AQUA

Malang, LPM AQUA-Sabtu (19/08/2023) PKKMABA PINISHI 2023 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan resmi dimulai pada tanggal 18 Agustus 2023. Pada tahun ini, PKKMABA di tingkat fakultas dilaksanakan secara full luring dengan melibatkan 1064 peserta mahasiswa baru, yang dibagi menjadi 39 kelompok. Sama seperti tahun kemarin dari pihak panitia sendiri, dibagi atas panitia dosen serta panitia mahasiswa. Ketua pelaksana dari panitia dosen sendiri adalah Attabik Mukhammad Amrillah, S. Pi, M. Si, serta ketua pelaksana dari panitia mahasiswa yaitu Nauval Rifqi Prananda yang merupakan mahasiswa dari jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2021. Kegiatan PKKMABA PINISHI 2023 dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB dengan dilakukannya pengkondisian dan mobilisasi mahasiswa baru ke vanue yang bertempat di Lapangan Basket Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

PINISHI 2023 diadakan lebih seru dengan suasana baru sesuai tema yang diusung yakni 'insan intelektual' dengan harapan mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan kedepannya dapat menjadi mahasiswa yang cerdas berpendidikan dan mampu menjadi pemimpin gerakan perubahan di lingkungan masyarakat. Pihak panitia mahasiswa PINISHI 2023 mengungkapkan bahwasanya persiapan yang dilakukan berjalan selama kurang lebih 1 bulan.

“Persiapan 1 bulan dari tanggal 29 Juli 2023, kumpul panitia offline pertama tanggal 5 Agustus 2023. Panitia dibagi ada panitia dosen, ada mahasiswa. Untuk porsi lebih banyak panitia dosen, panitia mahasiswa tidak dilibatkan dalam pengurusan administrasi dan keuangan, namun untuk ide dan konsep masih diberikan wadah. Sering terjadi miskom antara panitia dosen dan mahasiswa, terutama antar divisi mahasiswa dan dosen,” ungkap ketua pelaksana panitia mahasiswa, Nauval Rifqi Prananda.

Komunikasi antara mahasiswa dan dosen dibebaskan, jadi panitia mahasiswa masing-masing divisi koordinasi dengan panitia dosen tiap-tiap divisi.” Imbuhnya.

Untuk persiapan dengan panitia yang sudah terbentuk sudah sekitar 3 bulan, sekitar 70 tendik (tenaga pendidik) dan 118 panitia mahasiswa. Komunikasi antara panitia dosen dan mahasiswa alhamdulillah lancar semua, tanpa ada kendala. Ya miskom 1 2 pasti ada, tapi alhamdulillah pada akhirnya berjalan dengan lancar. Pembagian jobdesk panitia, untuk panitia dosen di wilayah-wilayah yang membutuhkan keputusan cepat, panitia mahasiswa cenderung ke teknis pelaksanaan,” jelas Ketua Pelaksana Panitia Dosen PINISHI 2023, Attabik Mukhammad Amrillah, S. Pi, M. Si.

Persiapan melalui perencanaan ide telah dilakukan 5 bulan sebelumnya oleh panitia dosen, kemudian 2 bulan setalahnya panitia mahasiswa melakukan pembentukan untuk bersama-sama dalam 1 bulan terakhir mempersiapkan acara Pinishi 2023 ini. Selain itu, porsi yang dibagi kepada panitia dosen dan panitia mahasiswa cukup berbeda.

Pengkoordinasian dilakukan seimbang sesuai dengan porsinya, dimana panitia dosen bertangungjawab dalam hal administratif dan keuangan, serta pengambil keputusan dalam jangka waktu cepat. Sedangkan panitia mahasiswa lebih berfokus dalam hal-hal teknis dan ide-ide baru yang dapat membantu berjalannya PINISHI 2023 yang disampaikan oleh ketua pelaksana mahasiswa PINISHI 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui penyambutan mahasiswa baru secara hangat untuk dapat memeperkenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan lingkungan kampus khususnya di Fakultas Perikananan dan Ilmu Kelautan agar dapat menjalakan kehidupan kampus dengan lancar, baik sebagai peserta didik maupun mahasiswa.

Pembeda PINISHI tahun lalu dan tahun ini, tahun ini semaksimal mungkin dilaksakan secara fun, kalaupun ada tindakan tegas tidak apa-apa, tetapi diksi yang digunakan jangan sampai kena ke ULTKSP, jadi dikonsep se-fun mungkin.” Paparan dari Ketua Pelaksana Panitia Dosen.

Proses pengenalan dapat dilakukan dengan memberikan penertiban dan pendisiplinan kepada mahasiswa baru dengan adanya syarat, tanpa melanggar Unit Layanan Terpadu Kekerasan Seksual dan Perundungan (ULTKSP) hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Panitia Dosen PINISHI 2023. Adanya konsepan baru dari PINISHI 2023 menjadi cerminan perubahan akan lebih baiknya penyelenggaraan PKKMABA PINISHI dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

 

Penulis: Nurul Fitriyaningsih

Kontributor: Primanita Dewi & Azzahidatul  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku: The 5 Levels of Leadership

  gambar: media.oiipdf.com Oleh : Mutahassin Bilhaq   Identitas Buku Judul               : The 5 Levels of Leadership Penulis            : John C. Maxwell Penerbit          : Center Street Tahun Terbit   : 2011 Halaman         : 452 halaman Kategori          : Leadership Bahasa             : Inggris Harga              : $17.66 Ringkasan "Leadership is one of my passions. So is teaching it. I’ve dedicate more than thirty years of my life to helping others learn what I know about leading. In fact, I spend about eight days every year teaching leadership. In the last several years, I’ve thought about it on six continents. The subject is inexhaustible. Why? Because everything rises and falls on leadership. If you want to make a positive impact on the world, learning to lead better will help you do it.” -hlm. 7 The 5 Levels of Leadership merupakan salah satu dari sekian banyak buku karya John C. Maxwell, beliau merupakan penulis, pembicara, dan sekaligus pakar

HARIAN AQUA (Vol. 33): HARGA BBM NAIK, APA KATA MAHASISWA?

Harga BBM Naik, Apa Kata Mahasiswa? (Sumber: garta.com) Malang, LPM AQUA -Selasa (12/09/2022), BBM atau singkatan dari bahan bakar minyak merupakan jenis bahan bakar yang dihasilkan dari suatu pengilangan ( refining) minyak mentah ( crude oil ). Minyak mentah yang berasal dari perut bumi ini diolah dalam pengilangan dahulu untuk menghasilkan suatu produk-produk minyak yang termasuk di dalamnya yaitu BBM. Pemerintah pada S abtu, 3 September 2022, resm i menaikkan harga BBM atau menghapus subsidi BBM. Berbagai tanggapan menanggapi kenaikan dari harga BBM tidak menyurutkan langkah pemerintah. Harga Solar dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 per liter. Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter. Sedangkan pertamax yang non-subsidi naik di harga Rp 14.500 dari sebelumnya Rp 12.500 per liter.      (Sumber: pertamina.com) Berbagai respon pun tertuai terutama dari kalangan mahasiswa. Para mahasiswa memberikan beragam tanggapan mengenai kenaikan BBM yang terjadi di Indonesia.

RESENSI BUKU: SEIKHLAS AWAN MENCINTAI HUJAN

Seikhlas Awan Mencintai Hujan (Sumber: pustakabukubekas_pinterest.com) Malang, LPM AQUA -Jumat (25/03/2022) Buku ini mengajarkan cara bagaimana kita mengikhlaskan sesuatu yang kita sendiri tidak mau melepaskannya. Terkadang tuhan menghadirkan kehilangan bukan untuk ditangisi, tetapi untuk mengajari agar jangan terlalu dalam berharap pada seseorang. Tidak ada siapa pun yang akan sanggup kehilangan seseorang yang paling kita inginkan dalam hidup. Seseorang yang sangat kita harapkan untuk tinggal dan menua di bawah satu atap yang sama. Seseorang yang pernah kita bayangkan tentang menjalani suatu pagi dan menyambut matahari berdua bersama. Seseorang yang kepadanya ia pernah berencana membuat sepasang kursi, tempat di mana bisa duduk untuk menyaksikan langit senja. Seseorang yang kepadanya ia berjanji untuk saling menjaga hingga tutup usia.  Bagaimana bila nama yang kau sebut di sepertiga malammu bukan nama yang ingin Tuhan satukan denganmu?  Pada akhirnya, tidak ada yang mampu dilakukan se