Gambar : ebooks.gramedia.com |
Oleh : Mutahassin Bilhaq
Identitas
Buku
Judul : Marketing Revolution
Penulis
: Tung Desem Waringin
Penerbit
: Gramedia Pustaka Utama
Tahun
Terbit : 2010
Halaman
: 259 halaman
Kategori
: Marketing
Bahasa : Indonesia
Harga : Rp. 158.000
Ringkasan
“Dalam upaya menciptakan penawaran yang begitu menarik dan bisa
dipercaya, sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana manusia merespon
sebuah penawawan. Sekali kita mengetahui formula ini, menciptakan penawaran
yang begitu menarik dan bisa dipercaya akan menjadi sangat mudah.” -hlm. 13
Setelah sebelumnya sedikit membahas mengenai buku Financial Revolution, kali ini saya akan kembali membahas buku seri revolution, yaitu Marketing Revolution. Pengarangnya masih sama, seorang Tung Desem Waringin yang merupakan pelatih sukses nomor 1 dan pembicara terbaik di Indonesia versi Majalah Marketing. Dalam urusan marketing beliau juga tidak perlu di ragukan, predikat “one of the most powerful people in business in Indonesia” versi Majalah SWA sudah lebih dari cukup untuk menjawab keraguan tersebut. Buku Marketing Revolution sendiri juga merupakan buku national best seller, sama seperti pendahulunya yaitu Financial Revolution. Buku ini tidak hanya di tujukan bagi orang-orang marketing saja, tetapi juga sangat berguna untuk pemilik bisnis atau bahkan orang awam yang tertarik mempelajari marketing sebelum memulai bisnisnya. Penyampaian materi dalam buku ini disampaikan secara detail oleh penulis dilengkapi dengan contoh untuk memudahkan pembaca memahami apa yang ingin di sampaikan. Bagi seseorang yang sudah lama mengikuti Pak Tung, mereka tahu bahwa hal tersebut memang merupakan ciri khas beliau dalam menulis buku hingga memberikan materi dalam berbagai seminarnya. Secara singkat buku Marketing Revolution berisi 12 bab yaitu :
- Bagaimana kaya melalui marketing
- Fokus marketing revolution
- Bagaimana menciptakan penawaran yang meningkatkan kenikmatan/perceived value/return on investment/hal-hal yang positif
- Bagaimana menciptakan penawaran yang mengurangi atau meniadakan keberatan/kesengsaraan/risiko/hal-hal yang negative
- Bagaimana mempermudah transaksi
- Bagaimana menyampaikan penawaran sangat menarik dan dapat dipercaya kepada calon pembeli yang tepat
- Tujuh jurus marketing revolution
- Enam kebutuhan penting manusia
- Jurus-jurus marketing yang inspiratif
- Tujuh hukum psikologis marketing revolution
- Bagaimana menggunakan ilmu mengingatkan
- Marketing revolution
Banyak perusahaan telah mengalami
kemunduran usaha bahkan mendekati kebangkrutan, terutama dalam masa pandemi
seperti sekarang ini. Sayangnya banyak dari mereka yang tidak mau belajar
mengambil hikmah dari kemunduran tesebut ataupun tidak mau belajar dari
perusahaan lain yang sudah terbukti mampu mengatasi berbagai tantangan dan
mampu bangkit kembali untuk meraih keuntungan yang luar biasa. Walaupun Marketing
Revolution terbit pertama kali di tahun 2008, tetapi menurut saya isi atau ilmu
yang ada di dalam buku ini masih relevan hingga saat ini.
Kelebihan
Setiap materi atau ilmu
dijelaskan secara detail oleh penulis dan dilengkapi dengan contoh agar pembaca
lebih mudah memahami apa yang ingin di sampaiakan. Bahasa yang digunakan sangat
ringan dan komunikatif, sehingga saya pribadi pun sangat menikmati membaca buku
ini. Penjelasan materi dari buku ini juga di dukung oleh ilustrasi untuk
memudahkan pembaca mengingat ilmu yang diberikan, karena penulis buku juga
paham bahwa menurut penelitian otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih
cepat daripada tulisan
Kekurangan
Tidak adanya lembar kerja seperti buku seri revolution yang lain sangat
terasa dalam buku yang satu ini. Selain itu jumlah total halaman Marketing
Revolution adalah 342, sedangkan yang benar-benar berisi materi hanya 259
halaman. Menurut saya testimoni di awal buku serta promosi di bagian akhir
terlalu banyak, akan lebih baik jika di isi dengan materi.
Komentar
Posting Komentar